02/01/2009Dunia Ciebal   56 Comments

UPDATE : Ini tanggapan AQUA Tentang Isu ini : http://bit.ly/9KIjAL

Lagi iseng iseng browsing ternyata nemuin artikel yang berisi info air minum, jadi saya langsung kupas aja di sini test air menggunakan elektolizer  dan 2 gelas air berisi air murni dan air kemasan. Pic Elektrolizer alat Warna Endapan    Bahan Pencemar    Pengaruh Terhadap Kesehatan

Hijau —> Cuprum, Oksida, Chlorin –> penyakit ginjal, Sistem syaraf pusat, Kanker

Hitam —> Kalsium, magnesium —> Batu ginjal, Kencing batu

Putih —> Alumunium, Arsen, Asbestos —> Penyakit hati, Sistem syaraf pusat, Kanker

Biru —> Alumunium, Sulfur, Phospat, Pestisida —>Penyakit hati, Ginjal dan kencing batu, Sistem syaraf

Jingga —> Besi oksida —> Gangguan air seni, Gangguan keseimbangan metabolisma

Sekedar Info : TDS = Total Disolved Solid (Jumlah Padatan (Logam) Terlarut dalam Air), satuan ukurannya adalah ppm Air Murni hanya memiliki 3 ppm dari H2O (2 unsur Hidrogen dan 1 unsur Oxygen) Semakin tinggi nilai TDS, semakin banyak jumlah kandungan logam yg terlarut didalam air yg ikut terminum tubuh. Tubuh tetap memerlukan mineral dalam jumlah yg sesuai. maka standard WHO untuk kemurnian air layak minum di batasi dengan nilai TDS maksimal 30 ppm saja. Lebih dari itu sisa proses tidak sanggup diuraikan dari tubuh utk di keluarkan. risikonya mengendap di organ vital.

Hasil Pengetesan

demo1demo2demo3demo4

Hasil TEST secara global dari beberapa sample yg ada: kandungan air tanah/artesis dan air isi ulang pinggir jalan di jabotabek, rata2 terkontaminasi oleh logam berat. kecuali air tanah yg di bawa dari (sebagian) lenteng agung hanya mengandung phosfor. (sesuai data test eletrolisa dan TDS meter. bukan laboratorium nanoscale milik sucofindo)

Air matang hanya membunuh kuman dan bakteri, tidak membuang kandungan logam. malah air yg direbus dengan panci alumunium, justru menambah jumlah kandungan logamnya.

Air minum kemasan justru lebih parah. karena gak beda jauh sama air tanah kualitasnya. (sayang bgt, udah mahal jelek pula!) air proses reverse osmosis dan destilasi merupakan air tebaik.

Di ambil dari : forum.man2serang.com (sekolah gw) :P

Tags:

56 Comments “AIR Mineral (AQUA, dll) Rupanya Kotor”

  1. Maz-V says:

    Tapi ga papa kok mas Aqua malah lebih menjamin sebenarnya dari pada kita beli filter yg ditawarin orang yg ngasih percobaan tsb… he he

  2. ciebal says:

    Yah, gak ada salahnya kita tetep Waspada..
    :)

    Mungkin yang di test itu yang aqua palsu..
    :P

  3. mamanya putri says:

    setahu saya aqua khan produksi pabrik besar dengan penerapan standart mutu yg ketat.tentunya mereka tidak akan meloloskan produk ke pasar jika mutunya tidak sesuai yg disyaratkan WHO

    • ciebal says:

      yupzt, ini hanya uji coba pada sampel-sampel aqua yang ada aja mbak.. :)
      dan ini artikel dulu banget jadi klo sekarang saya kurang tau.. hehe..
      tapi saya yakin kok Merek Aqua bener2 bersih n steril.. :)
      makasih tambahannya.. :)

  4. joko says:

    dicoba semua dalam keadaan air dipanakan boss.. mau air oxy ato apa semuanya berubah jadi kotor..
     

  5. didody says:

    cccckkk…. A*UA aja kayak gitu… berarti besok Hunting PONARI SWEAT, berkhasiat pula (error Mode ON)

  6. darto says:

    hmmmm… mungkin ni black marketing kali ya… :wink:

  7. yani, says:

    kalau saya berminat untuk beli alat pengujian air mineral tersebut, bisa pesan dimana, posisiku di semarang

  8. adhi says:

    iya.. yang namanya air mineral pasti akan menjadi kotor jika diberikan tabung elektroda.. Kenapa bisa menjadi kotor? karena kandungan mineralnya tersebut (fe, mg, dan sebagainya) yang akan mengendap (menjadi padat) bisa dialiri arus listrik lewat elektroda. Ini proses yang dinamakan elektroforesis yang prinsipnya adalah perpindahan muatan..
    kalo mau ngga kotor, pakai aja air yang yang benar2 pure water.. tapi kekurangannya dari pure water adalah tidak ada kandungan mineral yang justru dibutuhkan oleh tubuh..
     
    itu setahu saya,, mohon maaf apabila ada salah kata. mohon koreksinya..  :wink:
    terima kasih.. :wink:

    • ciebal says:

      terimakasih tambahannya mas.. :)
      like this..

    • Hasan says:

      Maf sy bleh menambhkan sdkit argumen tntang air, bnar skali apa kt tman2 bhwa tbuh amat sangat membuthkan mineral, akan tetapi jgn slah plih n maksd, ada 2 mineral d alam kt. Mineral organik dan anorganik, minral organil adlah minral yg berasal dr mkan2n n buah n sayuran serta dr mnuman yg d olah yg bersuplamin tinggi, yg memang sgt d prlukn olh tbuh kt, sdangkn mneral anorganik brsal dr tanan, yaitu air, yg apabla msk d k tbh kt akan menjdi emdapan, krn tbuh kt tdk dpat mngolahnya, tdk ada 1 pakarpun d dunia ini yg brni menyatkan bahwa mneral yg ada dlm air lyak d knsumsi,

  9. unique says:

    bagus bgt artikel diatas semoga lebih bermanfaat pada banyak orang…dan dijadikan koreksi untuk perusahaan2 air mineral…

  10. iwan says:

    sahabat.. yang kutahu… untuk menguji kualitas standar air minum bukan seperti itu ( menggunakan teknik elektrolisis) semua air yang di uji dan ternyata ada endapan.. justru itu menandakan kalo air tersebut benar mengandung mineral / ion logam yang di butuhkan ..,… justru kalo yang di uji tidak menghasilkan endapan.. justru air tersebut sama sekali tidak mengandung mineral sama sekali yang di butuhkan tubuh ( AIR MURNI / HANYA MENGANDUNG H2O SAJA ) … ( jadi menurut kesimpulan ane.. uji coba tersebut sama sekali tidak layak untuk menentukan kualitas air .

    • ciebal says:

      Yupzt, ini bukan saya yang uji mas iwan.
      saya hanya copas dari forum sekolah ku dulu..
      klo memang betul yang dikatakan mas iwan saya berterimakasih sekali karena da komentar yg sangat membantu meluruskan ini.
      :)

  11. iwan says:

    dan satu pesen ane satu lagi…. lebih baik cari dulu referensi tentang uji kelayakan air minum yang sesuai standar yang berlaku ( SNI ) soalnya artikel ini sangat merugikan pihak2 produksi air mineral ( air yang mengadung mineral , jika di elektrolisis pasti akan menghasilkan endapan)

    • Hasan says:

      Skrg kt jgn bcara tentang tbuh kt yg btuh mneral. Tp yg hrus teman2 ketahui adalah, perbedaan antra mineral organik dan anorganik, mana yg layak dan btuhkan oleh tbuh, kmudian mineral yg sperti apa yg d btuhkan oleg tbuh, yg brsal dr mkanan n syur2an serta buah2an, ato yg brasal dr air, tunjukkan pd sy jika ada 1 pakarpun yg brani menyatakan kl mineral yg ada dlm air/anorganik layak d konsumsi

      • al fareza says:

        teori pak hasan itu adalah teori dari product yg dijual
        oleh pak hasan itu sendiri,kita harus melihat sekeliling
        kita,kembali ke dulu lagi adakah air r.o yg di komsumsi yg ada air mineral
        yg di komsumsi.
        di seluruh dunia yang dijual bebas untuk air kemasan pasti
        air mineral gak ada air r.o. air r.o laku di jual itu
        hanya lewat MLM saja! caba saja produksi dan di jual bebas
        pasti gak laku itu Air R.O.

      • al fareza says:

        Kalo pak hasan Muslim,, test dulu pake elektrolisa air zam zam dan air accu.
        dipastikan air zam zam itu keruh dan air accu itu tetep
        bening!
        masa kita sebagai org pintar mau di bodohi oleh iklan
        penjual yg gak ngerti ilmu tentang air!
        lengkapi dengan permenkes biar mata bisa melek!

  12. Esde says:

    Air Suling/Air Murni: Air yang kandungan mineralnya dihilangkan/dikurangi melalui proses Destilasi, Deionisasi, atau Osmosis Terbalik (Reverse Osmosis).
    Pada Air suling atau Air Destilata, pengujian ini tidak akan menyebabkan terjadinya endapan, oleh karena Air Suling/Air Destilata tidak mengandung mineral.Tetapi kalau pada Air suling ini dimasukkan sedikit saja garam, maka hal yang sama akan terjadi, yaitu timbulnya “Kotoran”, karena garam merupakan salah satu contoh mineral. Pihak atau orang yang mendemonstrasikan tes elektrolisa ini untuk mempromosikan Alat Penyaring/Produk Air Suling/Air Murni, sebetulnya hanya menunjukkan kepada para calon pelanggan yang kebetulan kurang paham dengan proses Elektrolisa, bahwa AMDK AQUA mengandung mineral, bukan kotoran.
    Timbulnya endapan seperti diuraikan diatas, karena adanya mineral seimbang dalam AQUA dan mineral ini justru SANGAT PENTING dan berguna bagi TUBUH MANUSIA. Bersama dengan makanan yang lain, Air minum bermineral ( ALAMI ) yang dikonsumsi akan membantu memenuhi kebutuhan mineral tubuh yang sangat penting untuk proses metabolisme dan fungsi organ tubuh. Untuk lebih mengetahui resiko mengkonsumsi air minum yang tidak mengandung mineral (demineralized water), dapat dilihat dalam website WHO sebagai berikut :http://www.who.int/water_sanitation_health/dwq/nutrientschap12.pdf, yang berjudul ‘Health risks from drinking demineralised’.

  13. tamtam says:

    tengkyu bos esde, infonya amat super bermanfaat.
    saya dulunya juga termasuk yang termakan tipuan menyesatkan ini dari penjual air reverse osmosis. untuk kebaikan semua, sebelum banyak yang lagi yang tersesatkan, mending artikel ini segera ditarik.
    tuk bos ciebal, kira2 mereka berani gak ya ngetes air zam-zam yang asli dari makkah? pastinya bakal kaget begitu dites kok zam-zam banyak banget 'kotoronnya'. ya jelas, mineralnya banyak.

  14. lezap says:

    :hoax
    Ada tanggapan dari aqua nih tentang isu ini http://bit.ly/9KIjAL

  15. adi says:

    bagaimana tanggapan aqua mengenai kandungan fluorida nya?????
    halooo…. itu racun kok ada di air minum yang katanya terbaik>>>>

  16. Reagen says:

    Kalo gua si percaya 100% sama aqua.karena dari dulu banyak masyarakat kita yang mengkonsumsi aqua dalam kehidupan sehari harinya.and sampe saat ini gk pernah ada kejadian/berita tentang seseorang terkena penyakit karena mengkonsumsi aqua.

    And tambahan aja,endapan yang ada di aqua berdasarkan hasil tes,itu bukan lah kotoran.Melainkan Mineral.Jika ada air yang di tes tetap jernih,maka air itu tidak mengandung mineral.

  17. Ronny Budianto says:

    Hmmm,menurut yg saya pelajari begini, polemik ini sebenarnya emang antara para produsen produk minuman berOxigen yg mengklaim ber TDS < 1dan juga para produsen produk filter air sistem RO (reverse osmosis), dimana dgn berbagai penyelidikan para ahli baik dari Jerman dan USA, memang nyebutkan perlunya kandungan oksigen yang baik dalam minuman yg dikonsumsi dan memang benar bahwa ari berTDS rendah akan otomatis miskin mineral, tetapi mineral bisa dipenuhi dari buah@an dan sayuran yg merupakan filter hidup dan jauh lebih baik dari filter apapun dudunia ini, walau kenyataanya buah dan sayuranpun juga sudah tercemar, Nah skg bagaimana aqua dapat membedakan mana mineral yg penting bagi tubuh kita dan mana yg berbahaya bagi tubuh kita, kalau proses produksinya hanya melalui filte2 tertentu? krn setahu saya produk air mineral dari Jerman dan USA prosesnya tdk sedemikian rupa, mereka memproduksi air mineral dari sumber air yg dianggap baik, kemudian air tsb diproses secara destilasi/disuling lalu di RO, sehingga dihasilkan air murni dgn TDS nol yg sama sekali tdk bermineral, baru setelah itu air tsb diberikan mineral2 yang diperlukan oleh manusia, makanya harga air mineralpun dgn proses yg seperti ini juga mahal. Pertanyaan yg teramat sangat besar pada AQUA&Rekan2nya, apakah anda juga " melakukan " proses air meneral anda dgn cara spt di Jerman&USA ? kalau iya ya terserah pembaca mau pake cara yg mana? MInum aqua yg bermineral atau minum air berTDS rendah, ingat semua itu kata2 penjual, semoga aja bukan kata2 bualan………,……..WASPADALAH…..

  18. prince says:

    bsa jg ci..
    buktinya dalam galon tertera hindarkan dari panas matahari?

    tetapi aqua dalam pengiriman galon'a, tidak melindungi galon tersebut kn?

    so??

  19. Mang Asep says:

    Kang, coba logam elektrodanya dari emas, atau platina atau logam mulia apalah atuh. Biar terlihat lebih serius euy….
    :-)

  20. minyak says:

    Iya, bener nih, Aqua kotor! Tdi di skolahq ada yang bwa alat pendeteksi air dan.. Saat dites Aqua tuh! Kotor bgt!! Ada ijo-ijonya diatas..
    Wueks, mpe ngeri. Apalagi yg dites aqua punyaku! Duh.. Jd kuwatir neh :mewek

  21. mozart says:

    Kalo menurut ane sih..semua comen2 agan2 di atas ade benarnya..
    tapi kalo menurut hemat ane lagi neh..untuk melakukan pengujian terhadap salah satu produk yg b'standard, tentunya alat ujinya pun juga harus bersatandard..ya minimal standard nasional ato international lah,,..tul tidak agan2?? nah kalo alat ujinya ndiri gak b'standard, gmn kite mo bilang neh produk bermutu ato kagak…hehe :)

  22. masopam says:

    ane setuju ama komen ronny B ….
    n ane tambahin dikit .. mineral gak baek buat tubuh yg mungkin terkandung dalam AMDK (model aqua, ades,fit dll) gak kan berdampak langsung buat tubuh tapi nanti hasil kalkulasi nya
    jadi tinggal pilih aja sendiri mau minum aer yg mengandung oksigen lebih banyak atawa aer yg mengandung banyak mineral
    orang hidup juga buat memilih ko !!!!!!!!

  23. inf says:

    wah makasih gan infonya, membantu tugas saya.. tp parah juga ya setelah di tes hasilnya kaya gtu,,ckckck

  24. awin says:

    klo mau air tak berubah coba tes air hujan atau air accu(sir)

  25. Buat para sahabat pecinta air minum Mineral ataupun Murni….. keduanya sama baiknya… tergantung wawasan kita tentang air minum. mugkin ada baiknya jika sahabat semua membaca artikel di http://www.pitoyo.com. disana dijelaskan berbagai macam jenis air minum tanpa membela siapapun ( analisa secara umum ) silahkan sahabat sekalian teliti tiap2 kalimatnya. dan silahkan tarik kesimpulan masing-masing sesuai cara berfikir sahabat semua. sy mau sedikit berbagi sedikit pengalaman. siapa diantara para sahabat yg meragukan khasiat air ZAM-ZAM (dr Mekkah) yg konon banyak terdapat kandungan mineral yg amat baik bagi kesehatan tubuh kita. Mmg tdk dipungkiri bahwa TDS air zam-zam mencapai angka 300-400 ppm. yg artinya banyak mengandung zat padat entah itu mineral organik ataupun mineral an-organik (krn sy blm tes lab). Tetapi pd saat di elektrolisa (alat utk melihat zad padat terlarut dlm air) ternyata endapan yg dihasilkan berwarna jingga soft, tdk ada sedikitpun endapan yg gelap pekat spt yg terlihat pd gbr di atas, begitupun ketika saya mencoba air murni (TDS 0 ppm) dan sy tambahkan mineral buatan manusia (produk ADVANCE) hingga mencapai ( TDS 35ppm) yg memang di ciptakan sesuai dg kebutuhan tubuh kita konon mengandung zat DETOX yg dpt membuang racun dr dlm tubuh, ternyata endapan yg dihasilkan berwarna jingga (sedikit lbh tua dr endapan air zam-zam) dan tdk ada endapan yg berwarna gela pekat. untuk air minum minerar yg sdh menjadi kepercayaan masyarakat indonesia sy jg melakukan pengetesan dr beberapa sumber (dapat di lihat dari kemasannya) Mmg tidak semua mengeluarkan endapan gelap pekat ada juga yg sama seperti endapan pd air yg sy tambah mineral (jingga). jd silahkan sahabat menarik kesimpulan masing2 dari beberapa percobaan yg sy lakukan. yg sangat sy sayangkan mengapa produk air mineral yg sudah melekat di hati masyarakat indonesia tidak pernah mencantumkan kandungan mineralnya pd kemasannya, karena sumber airnya berasal dari mata air beberapa gunung di indonesia (apakah sesuatu yg sulit utk mencantumkan kandungan mineral dr tiap produksi yg berbeda) jika melihat keuntungan yg di dapat sy yakin bknlah hal yg besar tuk mencantumkan kandungan mineral yg terdapat dlm air tersebut itupun utk kebaikan para peminum air mineral yg sdh benar2 jatuh cinta dan tak bisa ke lain hati. Jadi saran bagi sy utk para pencinta air mineral…. sebaiknya ada lebih teliti dlm memilih air mineral yg bersumber dari mata air pegunungan. sy selalu berdoa untuk para pecinta minuman air mineral ..semoga mineral yg terkandung dlm air minum tsb benar-2 mengandung mineral yg bermanfaat dan bukan mineral yg lama kelamaan akan mengendap di ginjal dan menjadi batu ginjal yg mungkin saja bisa menjadi batu akik yg amat sangat berharga utk di jual ke pasar batu akik di jatinegara. :ngakak :ngakak

  26. irwan says:

    banyak instrumen untuk mengukur kuantitas dari logam yg d maksud, kalo pakai alat yg di atas kemungknan kesalahan relatif besar, coba gunakan AAS atw HPLC yg tinggkt ketelitianx lbh tinggi.

  27. Yoedi says:

    Setahu saya air minum dalam kemasan dengan TDS=0, plus bio energy dan extra O2, diproduksi di wilayah Mojokerto dengan merk MENARA.

    Pernah dilakukan test TDS antara merk Menara, air sumur, dan beberapa merk AMDK lain, terbukti merk MENARA masih bening setelah dilakukan test. (sample air MENARA diambil random dari galon yang ada di tempat oleh pengunjung, dan merk lain dibeli oleh pengunjung sendiri).

    Dari tes TDS yang dilakukan, memang hasil beberapa merk AMDK sama dengan yang ada di artikel ini, pekat. Dan bahkan mengeluarkan endapan yang dihasilkan dari mineral anorganik (“benda mati”). Yang saat mereka masuk ke dalam sirkulasi tubuh, mereka tidak dapat digunakan pada proses fisik pembentukan sel-sel tubuh. Sedangkan yang dapat diasimilasi oleh tubuh kita hanyalah mineral organik.
    http://airreverseosmosis.wordpress.com/2009/01/06/untuk-rasa-dan-arti-kesehatan/

    jadi kesimpulan saya, selama ini kita memang minum AMDK beberapa merk terkenal karena terbius iklan yang ada di televisi.

    (Bukan promosi dan menjatuhkan merk lain nih bro, tapi realitanya seperti itu)
    semoga bermanfaat!

  28. andi milan says:

    kalau mineral yang terkandung saya biasa saja, dan itu memang gak bisa dihindarkan. Kecuali kita melakukan proses Demineralized, tp ya gak baik buat kesehatan karena tubuh perlu mineral. Disamping itu, saya menganjurkan untuk tidak mengkonsumsi air minum yang mengandung Fluoride, dimana salah satunya dicurigai digunakan oleh Aqua. Ada pertanyaan, kenapa Danone mau membeli Aqua? Pasti ada sebabnya, danone milik siapa? Hehehe, banyaklah membaca dan mencari tahu. Fluoride adalah bahan yang sama sekali tidak berguna bagi tubuh dan merupakan racun. Peneliti amerika sendiri, seorang professor wanita di Forsyth dental center di pecat karena mempublikasikan penemuannya mengenai fluoride. Salah satu penyebab kanker tulang, kerapuhan gigi (nah???). Banyak dokter2 gigi di indonesia yang menyangkal, bahkan dibeberapa site mengenai bahaya fluoride dalam pasta gigi mereka menyangkalnya. Kenapa mereka menyangkalnya? Karena pesan sponsor, para dokter tersebut juga tidak melakukan penelitian terhadap fluoride (kalaupun ada, maaf…kredibilitasnya meragukan!). Intinya jangan mau di bodohi, kembali ke natural lebih baik….sudah banyak bukti kok…kalau orang pada jaman dulu umurnya lebih panjang dan tidak ada penyakit aneh2 yang mereka derita. tidak seperti saat ini. tahukah kalian kalau segala penyakit yang muncul pada saat ini dikarenakan pola makan yang tidak sehat? Juga pola hidup yang tidak sehat? cari dan baca buku 250 dosa amerika terhadap dunia, salah satunya adalah fluoride!

    • jarot says:

      Saya suka garis pikir anda. Masalahnya bukan hanya bermineral atau tidak, tapi mengandung fluoride apa nggak. Itu fokusnya. Saya berterimakasih kalo anda bs membantu mengatasi: jika memang ada fluoridenya, trus diapain spy aman. Katanya ini isu besar di berbagai negara.

  29. adi says:

    mineral dalam air itu penting mas. ya asal ngk melewati ambang batas yang di rekomendasikan. lebih bahaya jika kita minum air murni ( tanpa mineral) air tersebut akan menarik mineral dalam tubuh kita. kan bahaya…

  30. j4nn4h says:

    lalu air yg bagaimn yg baik untuk di konsumsi karena air kan sumber kehidupan dan sangat penting
    kalau semuanya serba terkontaminasi repot juga nih pilih barang yang aman

  31. Purba says:

    Menanggapi penjelasan di atas, ada beberapa hal yang ingin diluruskan :

    1. Elektrolizer /elektrolisa adalah komponen listrik dengan anoda dan katoda yang fungsinya bukan untuk memeriksa mutu maupun efek air untuk kesehatan. Alat ini adalah alat yang memberikan informasi apakah dalam cairan tertentu terkandung mineral atau tidak. Makin tinggi kadar mineral dalam air, maka akan makin gelap wana cairan yang terpasang elekrolisa.
    Contohnya: kalau elektrolisa dinyalakan dalam air zam-zam, maka warna air langsung keruh sekali dalam waktu singkat, sedangkan air aki jika dimasukkan elektrolisa tetap bening. Tentunya kita tidak dapat mengatakan air zam-zam tidak layak minum dan sebaliknya air aki aman untuk diminum manusia, bukan? Air RO dan beberapa reverse osmosis tidak mengandung mineral sehingga waktu diperiksa elektrolisa tetap bening, namun air jenis ini adalah air kosong – seperti air aki, yang kalau dikonsumsi terus menerus menyebabkan gangguan sel. Air RO juga cenderung pHnya asam, sehingga menyebabkan gangguan pada pencernaan.

    2. Dari warna air tersebut tidak dapat didiagnosa penyakit apapun. Diagnosa suatu penyakit hanya dapat dilakukan berdasarkan pemeriksaan dokter setelah melakukan anamnesa, memeriksa fisik pasien dan jika perlu dilakukan pemeriksaan laboratorium.

    3. TDS (Total Disolved Solid) air yang layak minum adalah sama dengan atau kurang dari 100 ppm seperti tercantum di CODEX WHO. TDS mengukur jumlah solid partikel, berupa mineral serta mikroflora dalam air. Air yang layak minum harus mengandung mineral yang berguna bagi tubuh, karena tubuh tidak dapat membuat mineral sehingga memerlukan dari makanan dan minuman. Sering kali dengan pemasakan, mineral dalam makanan hilang, sehingga perlu didapat tubuh dari air. Juga ada beberapa mineral yang hanya dapat diserap tubuh dari air seperti flouride dan silika. Oleh karenanya kita perlu minum air putih yang mengandung mineral.

    Silahkan rekan2 yang lain menambahkan

  32. Hasan says:

    Skedar mnambhkan argumen2 dr tmn2, kt hrus tliti n waspada trhdap mkanan ato mnuman yg biasa kt knsumsi shri2, shingga tdk ada ksalah phaman tentang makna mineral itu sndri, air murni yg pasti tdk ada kndungan apapun d dlamnya, trmsuk mneral, nah jk kt mlakukan tes elektrolizer mk hsilnya akn bening n tdk brubah wrna, akan tetapi kl kt mnambahkan mineral buatan yg bs d olah oleh tbh, mka akn brubh warna, tp kt trkdang slah persepsi, antr mneral tambahan n mneral yg terkandung dlm air, mneral tmbahan it memang sngat d btuhkan oleh tbuh krn tbuh dpat mengolahnya, akn tetapi mneral yg ada dlm air it msh mentah dan tdk tdap d olah oleh tbuh kt, shingga memjdi endpapan, cb kt lkukan tes tds n elektrolizer dgn air klapa, tentu hsilanya akan brubah warma hijau, krn bnyak mengndung mneral, tp mneral dlm air klapa bs d olah oleh tbuh krn udah mateng, shingga tdk mnimbulkan endapan d tbuh kt, itulah yg d sbut dgn mnral organik yg sgt d bthkan olh tbh, sdangkan mnral an-organik it brsal dr tanah, yaitu air. Yg apbla msuk k tbh kt sgt brbhaya skali

  33. al fareza says:

    air r.o atau air mineral menurut saya sama baik,tergantung butuhnya orang tersebut,kalo orang yang sudah sakit trus terlalu bnyak minum air mineral atau tds tinggi jelas tidak baik,tapi kalo orang sehat minum air r.o terus menerus kurang baik apalagi kalo untuk anak anak.. mengenai pengetesan dengan menggunakan elektrolisa itu semua pembodohan publik,dan yg ngetes itu pasti orang bodoh,baru tau tentang air dan cara kerja elektrolisa.karena kalo semua air yang mengandung mineral pasti akan keruh.coba yang ngetes air aqua suruh ngetes juga air accu,pasti gak keruh.masa kualitas kita sebagai orang sehat sama dengan air accu.kalo sebagai orang muslim air zam zam itu tds diatas 200ppm tp kalo di komsumsi malah membawa berkah dan orang yang minum pun dari seluruh penjuru dunia tidak ada masalah.jadi tergantung dari persepsi masing2 yang penting melalui PERMENKES 2012 baik tds yg di ambang normal itu di bawah 500ppm. so setiap penjual pasti punya cara masing2 untuk meyakinkan customer.pengalaman sy pernah ke swedia dan belanda semua air kemasan di eropa pasti tds di atas 300ppm.dan oraang sana malah gede2,,,, so menjualllah dengan tanpa menjellekan produk org lain itu baru gentle.!

    • sul says:

      coba aja air ro ditaru garam lalu di elektrolisa..kalu airnya keruh berarti garamnya kotor / beracun?
      lalu coba campur gula di air ro. tes jg dgn elektrolisa???
      tes jg susu ?
      jd ketahuan siapa yg benar dan siapa yg bohong

  34. EDY says:

    Tidak ada salah nya kita sbg konsumen mencari informasi di antara keduanya pasti ada plus minusnya,sekarang ini tidak susah mendapat informasi dan pengetahuan tentang air minum bgmn kita menyesuaikan dgn apa yg kita butuhkan kl kita melihat dr satu sisi katakanlah kita minum iar mineral dan yg kita lihat adanya kdgn mineral yg di bthkan tbh dan tanpa melihat negaithnya ya minum air mineral begitu jg sebaliknya. Banyak pakar yg memberi informasi dan mereka telah melakukan penelitian yg dpt kita gunakan sbg refrensi kita ,sbg konsumen kita hrs bijak jgn kita ,kit jg hrs cermati iklan di tv , media lianya tidak ada jaminan jg perusahaan besar terkenal selalu memberikan yg terbaik buat konsumen biasanya efek negatifnya td di angkat, hampir semua makanan dan minuman sekarang ini menggunakan bhn pengawet baik alami ataupun sintetis mari kita cermati…….kl kit ingin sehat …..kita awali dgn berfikir yg sehat dan positif.

  35. Nita says:

    aku pernah baca nih di beberapa artikel klo aqua itu mengandung Fluoride, apa bener yah..?

  36. biologi says:

    jd aku harus minum apa, air aki atau bermerek, kok tdak ada yang bagus.Aku kan seorang forester di bidang konservasi di beberapa perusahan migas nasional dan internasional, jd kalau lagi melakukan penelitian flora dan fauna di dalam hutan jd sering kehabisan air, jd semua kru minum air yang ada di hutan. Teman gue bilang lau ada ikan atau mahluk apa pun di air berarti air itu sehat, jd kami minum semua tp tak terjadi apa2, yang terjadi rasa haus hilang dan kembali enek merokok samsu setelah krongkongan dibasahi air. Tolong beritahu apa ciri air yang baik dimunum kalau di hutan ?thanks bro..

  37. fathu says:

    maaf mau nanya terus air seperti apa yang sehat untuk di konsumsi ?

Leave a Comment

[+] kaskus emoticons