Blokir Situs Porno di Windows 7

Anak jaman sekarang, kelas 4 SD aja udah punya akun Facebook, udah bisa akses youtube, dll. Gimana orang tua gak khawatir, apalagi dirumah disediakan akses internet. xixixi Devil

Sebetulnya banyak cara untu memblokir situs porno, bisa menggunakan Windows Live Family Safety, Software Anti-Porn, dll. Kali ini ciebal coba share tentang bagaimana memblokir situs porno di windows 7 dengan 2 metode, yaitu dari sisi DNS dan Internet Options. :)

1. Metode Internet Option
Kita bisa memblokir situs porno dengan Internet Explorer Content Advisor, berikut cara singkatnya :

  • Buka Internet Explorer, > Tools > Internet Options atau Masuk ke Control Panel > Internet Options

  • Pilih tab Content > Enable

  • Masuk pada tab Approved Sites, kemudian tambahkan situs yang ingin di blokir.

  • Jika sudah selesai klik OK, lalu akan diminta untuk membuat password untuk mengatur jika ada yang ingin kita ubah.

  • Selesai. :)

2. Metode Ubah DNS
Selain menggunakan metode Setting Content Advisor, bisa juga memblokir situs dengan cara merubah DNS.
AWARI (Asosiasi Warnet Indonesia) meluncurkan DNS Nawala untuk Hindari akses dari situs Pornografi, Judi, Phising dan Malware. Kamu bisa menggunakan DNS berikut ini :

180.131.144.144
180.131.145.145

Bagaimana cara menggunakannya?

  • Buka Control Panel > Network and Sharing Center
  • Pilih menu Change adapter settings

  • Klik kanan pada Local Area Connection > Properties

  • Pilih Internet Protocol Version 4 (TCP/IPv4) > Properties

  • Ceklist "Use the following DNS server addresses" kemudian isi dengan DNS Nawala diatas.

  • Selesai, sekarang kalau ada yang akses situs yang di blokir akan muncul alert seperti ini :


Apa beda dari kedua metode diatas?

Dengan metode pertama kita bisa memblokir situs yang kita inginkan seperti facebook, youtube, dll Tapi kelemahannya gak ngefek klo pke browser selain IE..  Stick out tongue Bisa di gabungkan dengan cara Blok Aplikasi di Windows 7, sedangkan metode ke dua pengaturan dipegang oleh pihak yang mempunyai DNS itu.

Semoga bermanfaat.. Yes

Baca juga tulisan ini pada Blog MUGI : http://mugi.or.id/blogs/ciebal/archive/2009/12/26/blokir-situs-porno-di-windows-7.aspx

  1. author

    pokehack5 years ago

    nice nice

    Reply
    • author

      ciebal5 years ago

      terimakasih.. :)
      komentator setia nih.. :D
      ntar gw buat event ah, komentator terbanyak dpet domain.. :D

      Reply
  2. author

    idolnesia5 years ago

    [Ask] Yang DNS itu otomatis ngeblokir? klo yang input nama situs diatas, males.. coz banyak banget  yang kudu diinput

    Reply
    • author

      ciebal5 years ago

      iyah klo DNS otomatis blokir… :)
      ntar klo ada situs yang kurang pantas bakal di redirect ke halaman block nawala.org :)

      Reply
  3. author

    heruxx4 years ago

    knp klo pake web filter /blok situs,situs lain jg ke blok

    palagi klo pake K9..

    Reply
  4. author

    susan4 years ago

    nice info, izin copas buat di share di blog ak ya…. :thumbup:

    Reply
    • author
      Author

      ciebal4 years ago

      silahkan, semoga bermanfaat. :)

      Reply
  5. author

    rory3 years ago

    berhasil, thx bro,,

    Reply
  6. author

    Benny Dwi3 years ago

    bisa sih tapi klo pake internet explorer aja, klo pake mozilla gimana caranya ?

    Reply

Leave a Reply