Industri Kreatif Membangun Perekonomian Bangsa

industri kreatifMenurut Prof. Richard Florida yang merupakan Tokoh Ekonomi pembangunan ada 3 hal Yang dibutuhkan dalam industri kreatif adalah Talenta, Teknologi dan Toleransi. Untuk talenta mungkin sudah banyak para industri kreatif yang mampu untuk bersaing dengan produk import karena produknya yang berkualitas, unik, dan murah.

Terbukti mampu memberikan kontribusinya terhadap PDB Indonesia senilai Rp 104,6 triliun. Bahkan, menurut data Admob Mobile Metrics pada Februari 2010, Indonesia menempati urutan keempat setelah AS, India, dan Inggris, berdasarkan permintaan advertising melalui mobile advertising dengan total permintaan sebesar 520.476.525 dan share 3,7 persen dibandingkan negara lain di seluruh dunia. (Berdasarkan data Kementrian Perdagangan dan Industri)

Menurut saya ada dua penghambat industri kreatif untuk terus berkembang dan bersaing dengan produk import yaitu Teknologi dan Toleransi.

Banyak yang belum mengenal akan Strategi pemasaran melalui internet yaitu memperluas jaringan penjualan melalui Internet. Karena dengan memasarkan produk melalui internet, produk kita lebih dikenal banyak orang. Strategi bisnis ini dapat menjangkau manusia tanpa batas ruang dan waktu. Sehingga timbullah istilah pemasaran menggunakan internet, atau Internet Marketing.

Sebagai contoh pada Forum Kaskus.Us, banyak industri kreatif yang memasarkan produknya di sana dan sudah terbukti banyak yang mampu memperluas pasar dengan cara mempromosikan produk secara online.

fjb-kaskus

Tapi bagaimana untuk industri kreatif di plosok desa? Itu PR untuk pemerintah dan kita untuk mendukung mereka agar melek teknologi.

Dukungan pemerintah akan industri kreatif ini juga sangat berarti, karena banyak industri kreatif yang terhambat pengembangannya, Pemerintah harusnya berusaha untuk mendorong industri  yang strategis untuk maju. Mereka membutuhkan pemerintah dalam beberapa hal seperti pemberian insentif, pembiyayaan, HAKI, dan juga promosinya.

Cara lain untuk mendukung industri kreatif indonesia adalah dengan cara pengurangan import produk luar ke indonesia guna pengurangan konsumsi rakyat indonesia terhadap produk luar yang nyatanya produk dalam negeri juga tidak kalah kualitasnya dengan produk import.

Kalau industri kreatif indonesia dapat berkembang dengan baik tentu ini juga merupakan upaya memajukan bangsung khususnya dalam bidang ekonomi.

Semoga tulisan ini bermanfaat, dan tulisan ini diajukan untuk blogging competition Comfest2010. :) Mohon dukungannya yah teman.

:shakehand2  :iloveindonesia  :rate

Referensi :

  1. author

    A jazi5 years ago

    Apakah perajin kita hrs kreatif juga dalam menjiplak dan mengabaikain haki supaya lbh maju sepert cina…?

    Reply
  2. author

    ciebal5 years ago

    jangan donk, kita memiliki banyak potensi dan budaya yang menunjang dalam pembuatan kerajinan khas indonesia. :)

    Untuk mendukungnya perlu adanya dukungan pemerintah tentang HAKI ini. :)

    Reply
  3. author

    pai5 years ago

    PR pemerintah yang pertama adalah listrik masuk desa, dibarengi dengan internet masuk desa dan pelatihan internet (itu harus) agar pasar dan ekonomi Indonesia bisa bersaing di dunia internasional. Dan tidak takut adanya AFTA dan persaingan produk dari China. mantap gan..  :alay

    Reply
  4. author

    ciebal5 years ago

    Itu pasti, peran pemerintah sangat dibutuhkan karena mereka yang lebih memiliki wewenang. :D
    * gw komentarnya sok jadi pakar deh…
    :malu2
    :ngakak

    :iloveindonesia

    Reply
  5. author

    aulia azhari5 years ago

    hmmm….

    menurut gue indonesia sejauh ini hanya mampu ATM…

    " Amati, Tiru, Modifikasi"

    :cendol

    moga menang kontes bro…

    Reply
    • author

      ciebal5 years ago

      gak gtu juga gan, mungkin emang bbrpa aja dari industri kreatif yang seperti itu.. :)
      Thanks brother.. :D

      Reply

Leave a Reply